Inbox: Pesan Singkat

Tentang niat puasa, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa tidak memasang niat berpuasa sebelum fajar (sejak malam), maka tidak ada puasa baginya.” (H.R Abu Dawud) N.B: Niat itu dalam hati.

“Janganlah mendahului Ramadhan dengan berpuasa satu atau dua hari sebelumnya, kecuali bagi seseorang yang telah rutin berpuasa, maka hendaklah dia berpuasa pada hari itu.” (H.R.Bukhari Muslim)

“Kebaikan bukanlah engkau memiliki banyak harta dan keturunan. Akan tetapi, ketika ilmumu bertambah, bertambah baik pula akhlakmu” (Ali bin Abi Thalib)

“Tiga macam mimpi: mimpi baik yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi buruk yang berasal dari setan, dan mimpi yang hanya sekedar bisikan saja (bunga-bunga tidur)” (H.R.Bukhari Muslim)

“Jika salah seorang dari kalian melihat mimpi buruk, maka hendaklah dia sholat dan jangan dia ceritakan kepada orang-orang.” (H.R. Bukhari Muslim)

“Jika akhir zaman telah dekat, maka mimpi seorang muslim hampir selalu menjadi kenyataan. Dan orang yang paling benar mimpinya adalah orang yang paling jujur ucapannya.” (H.R.Bukhari Muslim)

“Tentang mimpi buruk, Rasulullah bersabda, ‘Jangan engkau ceritakan kisah setan yang mempermainkanmu di saat engkau tidur.” (H.R. Muslim 2268)

“Hati tertutup oleh tiga hal, yakni (1) senang dengan yang ada, (2) sedih dengan yang hilang, (3)gembira dengan pujian.” (Ibrahim bin Adham)

“IbnulQoyyim: Lima hal yang disunnahkan jika mimpi buruk, yaitu (1) meludah ke kiri, (2) membaca ta’awwudz, (3) tidak cerita kepada siapa pun, (4) mengubah posisi tidur, dan (5) mendirikan sholat.” (Zaadul Maa’ad)

Haram berdusta tentang mimpi: “Kedustaan yang paling besar adalah seorang laki-laki yang mengaku telah bermimpi melihat sesuatu padahal dia tidak melihatnya.” (H.R. Bukhari 7043)

“Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obat. Setiap penyakit pasti ada obatnya. Maka berobatlah, dan jangan berobat dengan yang haram.” (H.R. Abu Dawud [hadits hasan])

“Setiap penyakit ada obatnya, dan bila telah ditemukan dengan tepat obat suatu penyakit, niscaya akan sembuh dengan izin Allah Azza wa Jalla.” (H.R. Muslim)

“Sesungguhnya bila Allah telah mengharamkan atas suatu kaum untuk memakan sesuatu, pasti Dia mengharamkan pula atas mereka hasil penjualannya.” (H.R. Ahmad / Abu Dawud)

Rasulullah bersabda, “Janganlah salah seorang di antara kalian berjalan dengan menggunakan sebelah sandal saja, lepaskan keduanya, atau pakai keduanya.” (H.R. Bukhari Muslim)

“Setiap anak Adam mempunyai kesalahan. Dan sebaik-baiknya orang yang mempunyai kesalahan adalah yang bertaubat.” (H.R. Bukhari Muslim)

Rasulullah bersabda, “Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar (yang bernyawa).” (H.R. Bukhari Muslim)

“Kita minta kepada Allah setangkai bunga segar, tetapi Allah memberikan kita kaktus berduri. Kita minta kepada Allah kupu-kupu, tetapi Allah memberikan kita ulat bulu. Kita sedih dan kecewa. Namun, kemudian kaktus ituberbunga sangat indah dan ulat bulu itu berubah menjadi kupu-kupu yang cantik. Itulah jalan-Nya, indah pada waktunya. Allah tidak memberi apa yang kita harapkan, tetapi Allah memberikan kita apa yang kita butuhkan. Kadang kita sedih, kecewa, dan terluka. Tetapi di atas segalanya, Allah telah menyiapkan yang terbaik untuk kita.”

Rasulullah: “Bukanlah orang yang kuat itu orang yang pandai bergulat, akan tetapi orang yang kuat itu adalah orang yang mampu menahan hawa nafsunya tatkala dia marah.” (H.R. Bukhari Muslim)

“Sesungguhnya marah itu dari setan, sedangkan setan itu diciptakan dari api, dan api hanya dapat dipadamkan dengan air. Maka apabila kalian sedang marah hendaknya berwudhu.”(H.R.Ahmad)

“Jika salah seorang dari kalian sedang marah dalam keadaan berdiri, maka hendaklah dia duduk, dan jika itu belum membuatnya reda, hendaknya dia berbaring.”(H.R.Ahmad)

Doa ketika marah: “A’udzubillahi minasy-SyaithoonirRojiim” (Aku berlindung dari godaan Setan yang terkutuk) (H.R. Bukhari Muslim)

“Barangsiapa yang menahan amarahnya padahal dia dapat melampiaskannya, maka Allah akan memanggilnya di hadapan para makhluk-Nya pada hari kiamat dan disuruh memilih bidadari yang dia kehendaki.” (H.R. Tirmidzi)

Doa Rasulullah: “Ya Allah, berilah ketakwaan kepada jiwaku dan bersihkanlah. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik yang membersihkannya. Engkaulah penolong dan pemiliknya.” (H.R. Muslim)

“Sesungguhnya hati anak Adam berada di antara kedua jemari dari jemari Ar-Rahman yang Dia (Allah) putar balikkan sekehendak-Nya.” (H.R. Muslim)

“Bahwa menghadiahkan pahala bacaan Al-Qur’an tidak sampai kepada mayit. Karena dia bukan dari amalan mayit dan usahanya.” (Al-Imam Asy-Syafi’i Rahimahullahu)

“Apabila salah seorang dari kalian masuk masjid maka hendaknya ia sholat dua rakaat sebelum duduk.” (Muttafaqun Alaih)

Hidup hanyalah kesempatan membuat pilihan, segalanya digulirkan dan digilirkan. Apapun yang kita pilih, ujungnya adalah tanggung jawab. Memikul tanggung jawab apapun pasti melelahkan, tidak ada hidup yang tidak melelahkan, yang membedakan hanyalah bagaimana menghadapi setiap konsekuensi pilihan dengan sikap yang terbaik. Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin.

“Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya, maka hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (H.R. Ahmad)

“Di antara tanda-tanda kiamat: berkurangnya ilmu, tampaknya kebodohan dan zina, wanita menjadi banyak, pria lebih sedikit hingga 1 pria berbanding dengan 50 wanita.” (H.R. Bukhari Muslim)

“Barang siapa yang mengurungkan hajatnya karena thiyarah (merasa bernasib sial / buruk karena melihat burung, binatang, atau lainnya), maka dia telah berbuat syirik.” (H.R.Ahmad)

“Tidak ada yang dapat mencegah takdir kecuali doa, tidak ada yang dapat menambah umur kecuali kebaikan, dan seseorang banar-benar dihalangi dari rezeki disebabkan dosanya.” (H.R. Ibnu Majah)

“Ada tiga perkara yang mengikuti mayit sesudah wafatnya, yaitu keluarganya, hartanya, dan amalnya. Yang dua kembali dan yang satu tinggal bersamanya.” (H.R. Bukhari Muslim)

Ketika kesedihan melanda, ketika tembok semangat ambruk, ingatlah bahwa kita masih punya cahaya harapan dan keyakinanyang harus terus kita jaga agar tidak padam karena berlama-lama dalam keterpurukan itu adalah hal yang tidak wajar.
**Tetap semangat untuk menyelesaikan hari ini🙂

“Tidaklah seoang muslim berdoa untuk saudaranya yang tidak di hadapannya, maka malaikat yang ditugaskan kepadanya berkata: ‘Amin, dan bagimu seperti yang kau doakan'” (Shahih Muslim)

“Jika kalian melihat ada orang yang berjalan di atas air / terbang di udara tapi dia menyelisihi sunnah Rasulullah, maka ketahuilah itu berasal dari Setan” (Imam Syafi’i)

Pesan-pesan lain yang diposting sebelum tulisan ini ada:

  1. 10 Bunga Hidup Bahagia
  2. Harga Waktu
  3. Larangan Ikut-ikutan
  4. Beberapa Pesan Kecil
  5. Hati Boleh Berpaling
  6. Tentang Mendengar Adzan
  7. Diterimanya Taubat
  8. Iman dan Kasih Sayang
  9. Khusyuk dan Sholat
  10. Waktu yang Tepat untuk Sesuatu yang Baik
  11. Tentang dengan Siapa Kita Berteman
  12. Tidak Berdosa
  13. Iman Menurut Alqamah
  14. Dosa yang Disegerakan Siksanya
  15. Makna Hadiah dan Jabat Tangan
  16. Maksiat
  17. Menikahi Wanita yang Bagaimana?
  18. Kelemahlembutan
  19. Pesan dari Seorang Kawan
  20. Cara Marah yang Baik
  21. Hormati Tetangga
  22. Alasan Mengapa Harus Ridho pada Musibah
  23. Membenci Wanita Mukmin
  24. Orang Tua Berjiwa Muda
  25. Pilihan
  26. Kriteria Orang Beruntung
  27. Kurban dan Kelapangan Harta
  28. Mendiamkan Saudara
  29. Lihat Kemana?
  30. Menjadikan Generasi Baik menurut Imam Malik
  31. Kayaknya Kiamat sudah Dekat, deh!
  32. Sebuah Do’a
  33. Kunci-kunci
  34. Perumpamaan Keikhlasan
  35. Alghuroba
  36. Ketakutan dan Dengki
  37. Pesan dari Seorang Teman
  38. Tentang Mencela Waktu
  39. Tidak Usah Takut jadi Orang Asing
  40. Datangnya Bencana dan Kebaikan
  41. Sabar
  42. Antara Riya dan Syirik
  43. Sholat Jumat
  44. Balasan Sebuah Jalan
  45. Penghapus Dosa
  46. Dirindukan Surga
  47. Teman Sejati
  48. Orang Bijak
  49. Garis Pemisah
  50. Dunia itu Lautan
  51. Isi inbox-ku selama Ramadhan 1432
  52. Isi inbox-ku selama Syawal 1432
  53. Isi inbox-ku selama Dzulqa’dah 1432
  54. Isi inbox-ku selama Dzulhijjah 1432
  55. Isi inbox-ku selama Muharram 1433
  56. Isi inbox-ku sekitaran Safar dan Rabiul Awal 1433
  57. Isi inbox-ku selama Rabiul Akhir 1433
  58. Isi inbox-ku selama Jumadil Ula 1433
  59. Isi inbox-ku selama Jumadil Akhir 1433
%d blogger menyukai ini: