Perubahan Kepribadian

Awalnya, kupikir aku ini ISFP (Intravert, Sensing, Feeling, Perceiving, disebut juga ‘Artist’ personality type) menurut hasil tes kepribadian yang aku ikuti secara online. Akan tetapi, seperti terjadi hal aneh, ya aku merasakan perubahan selama aku mengubah pola hidup. Aku memang ingin menjadi sosok ‘Leader’ (ENTJ), tetapi itu adalah kebalikan dari kepribadian yang selama ini aku yakini. Ternyata, berubah setelah aku mengambil tes itu lagi. Hasilnya INTJ‘Strategiest’ (Intravert, Intuitive, Thinking, Judging).

Click to view my Personality Profile page

Kok bisa? Padahal kepribadian itu tidak bisa diubah. Ini membuktikan salah satu dari tiga hal. Yang pertama, kepribadian bisa berubah. Yang kedua, tes pertama salah. Yang ketiga, tes ini salah. Memang, aku sadari, ada beberapa hal yang aku masih sepakat ketika tes pertama dan sudah tidak sepakat lagi pada tes kedua, aku sudah berubah pola pikir. Jadi, sekarang bagaimana? Menurutku, bagaimana pun kepribadian seseorang tidak akan menjadi masalah jika punya tujuan yang konsisten.

2 thoughts on “Perubahan Kepribadian

Tinggalkan Balasan

