Skenario Tutorial Tumbuh Kembang & Geriatri I

Sebenarnya jarang masuk kuliah, sih. Tapi, mem-posting skenario kasus mungkin bisa jadi motivasi ke depannya untuk lebih maju dari hari ini. Jadi, ini skenarionya:

SKENARIO 1
Seorang anak laki-laki datang ke puskesmas tanggal 5 Desember 2009 karena demam 1 hari. Anak lahir tanggal 25 Februari 2009 ditolong oleh Bidan, bayi lahir dengan pernafasan megap-megap, tonus lemah, Berat Badan 3000 gram, Panjang Badan 49 cm, Lingkar Kepala 35 cm. Berat Badan sekarang 6500 gram, penimbangan 2 bulan terakhir berturut-turut beratnya 6100 gram dan 6300 gram, Panjang Badan 70 cm, lingkar kepala 44 cm, saat ini anak sehari-hari makan nasi dengan sayur, lauk pauk tahu tempe kadang telur. Mulai umur 3 bulan sudah diberi susu formula, pisang, bubur bayi karena sering menangis. Imunisasi BCG 2 bulan, polio 4 kali, hepatitis B umur 40 hari dan 3 bulan, DPT umur 2 bulan dan 6 bulan. Bayi sudah bisa tengkurap bolak balik, belum bisa duduk dan berdiri sendiri. Bayi mengoceh kadang-kadang, tangan belum bisa memegang kerincingan. Anak bereaksi terhadap suara, dan menengok kearah sumber suara, belum bisa makan biskuit sendiri, tak tahu main cilukba. Ibu pendidikan SD. Mainan yang ada di rumah : kerincingan, boneka, dan sepeda roda tiga.Ibunya tak banyak bicara.

SKENARIO 2
Seorang anak lelaki umur 1 tahun 11 bulan masuk rawat inap di Rumah Sakit karena demam dan batuk berulang 6 bulan terakhir. Sekarang dengan sesak napas. Nafsu makan sangat kurang. Kaki, tungkai serta perut membengkak secara berangsur 1 bulan ini. Anak mencret berulang dan berlanjut, kadang tinja disertai darah dan lendir. Kondisi sosio-ekonomi kurang. Kontak dengan penderita TBC Paru tidak jelas.
Pemeriksaan Fisik : Anak nampak sakit berat, gizi buruk, apati. Berat Badan 8,1 kg, Panjang Badan 76 cm. Nampak sesak, pernapasan cuping hidung, takipneu, retraksi, sianosis. Paru rhonkhi basah halus namun tidak jelas. Jantung dalam batas normal. Nampak muka, telapak tangan dan kaki pucat. Hati 3 cm di bawah arcus costae dan limpa SI. Edema dorsum pedis dan pretibial serta tungkai atas dan ascites. Skor dehidrasi 10.

Kelengkapan anamnesis, diagnosis kerja, pemeriksaan laboratorium dan penunjang yang esensial untuk diagnosis dan penanganan, analisis kemungkinan penyakit penyerta dan komplikasi, serta penatalaksanaan, menjadi bagian dari tugas diskusi penyelesaian masalah.

Bakalan panjang ini masalah kayaknya…

Iklan

2 thoughts on “Skenario Tutorial Tumbuh Kembang & Geriatri I

  1. knp nda sekalian posting modul2 yg lain (yg part II) biar masalahnya lebih panjang brooo….
    Bdw, knp postingan mu yg di BP, mnyinggung soal hubungan profesionaL RCOEM ku dgn ketua panitia,trus haruskah ada jg itu ikut2 namax si ‘eko’ di profilku…deehhh, maksud Tuhan sekaali nah ociiii… Trus, kata2 penutupnya itu Loh… Awas yaa ociiii… πŸ˜› πŸ˜€ πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s