Inbox: Ramadhan 1432

Ceritanya, selama sebulan kemarin, sejak saya tidak mengupdate postingan ini, saya tetap menerima sms secara rutin dari layanan sms dakwah gratis. Ini nih, sms-nya:

Jauh sebelumnya:
“Cukuplah seseorang diakatakan sebagai pendusta, apabila ia menceritakan segala sesuatu yang dia dengar.” (HR. Muslim)

30 Juli 2011
“Janganlah mendahului Ramadhan dengan puasa satu atau dua hari sebelumnya. Kecuali bagi seseorang yang telah rutin berpuasa, maka hendaklah dia berpuasa pada hari itu.” (HR. Bukhari Muslim)

31 Juli 2011
Tentang niat puasa, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa tidak memasang niat sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya.” (HR.Dawud)

1 Agustus 2011 (1 Ramadhan 1432)
Doa berbuka puasa: “Dzhabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruqu wa-tsabatal ajru insya Allah”, artinya: “Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah.” (HR. Abu Dawud)

2 Agustus 2011
“Barangsiapa yang lupa bahwa dia berpuasa, lalu makan / minum maka hendaklah dia menyempurnakan puasanya, karena dia diberikan makan dan minum oleh Allah.” (HR. Bukhari Muslim)

3 Agustus 2011
“Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya meskipun salah seorang di antara kalian hanya minum seteguk air.” (HR. Ahmad)

4 Agustus 2011
“Siapa saja yang sholat Tarwih berjamaah bersama imam sampai selesai, maka dicatat seperti sholat semalam suntuk.”
“Tidak boleh ada dua witir dalam satu malam.” (HR. Abu Dawud)

5 Agustus 2011
“Lima perkara yang menghapuskan pahala puasa, yaitu dusta, ghiba, adu domba,, sumpah palsu, dan melihat dengan syahwat.” (Diriwayatkan oleh Anas RA)

6 Agustus 2011
“Puasa dan Al-Qur’an akan memberi syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak.”
“Puasa adalah tameng seorang hamba dari api neraka.” (HR. Ahmad)

7 Agustus 2011
“Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar-Royyaan. Pada hari kiamat (hanya) orang-orang yang berpuasa yang akan melalui pintu tersebut.” (HR. Bukhari Muslim)

8 Agustus 2011
“Puasa adalah tameng, jika kalian berpuasa maka janganlah berkata kotor / bertengkar dengan mengangkat suara. Jika dicela / disakiti, maka katakanlah: Saya sedang berpuasa.” (HR. Muslim)

9 Agustus 2011
“Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Tirmidzi)
“Takutlah kepada api neraka walaupun hanya dengan (bersedekah) separuh biji kurma.” (HR. Bukhari Muslim)

10 Agustus 2011
“Barangsiapa memberi makan (berbuka) seorang yang puasa maka baginya sama pahala (orang yang puasa) tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang puasa.” (HR. Tirmidzi)

11 Agustus 2011
“Jika seorang wanita telah sholat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, dan menaati suaminya, maka dia masuk surga dari pintu mana saja yang dia sukai.” (HR. Ahmad)

12 Agustus 2011
“Sholat yang paling Afdhal setelah sholat wajib adalah sholat Lail.” (HR. Muslim)

13 Agustus 2011
Hadits-hadits dhoif (lemah) Ramadhan:
“Tidurnya orang berpuasa adalah ibadah”
“Ramadhan, bulan yang awalnya adalah Rahmat, pertengahannya adalah Maghfirah, dan akhirnya adalah pembebasan.”

14 Agustus 2011
“Ada tiga orang yang tidak tertolak doanya, seorang yang berpuasa hingga berbuka, seorang pemimpin yang adil, dan seorang yang terdzalimi.” (HR. Ibnu Hibban)

15 Agustus 2011
Haramnya rokok dan segala sesuatu yang bisa menimbulkan bahaya:
Rasulullah bersabda: “Tidak boleh (menimbulkan) bahaya dan juga tidak boleh membahayakan (orang lain).” (HR. Ibnu Majah)

16 Agustus 2011
Tentang Rokok:
“Dan janganlah kalian menjatuhkan diri kalian sendiri ke dalam kebinasaan.” (QS. Al-Baqarah: 195)
“Dan janganlah kalian membunuh diri kalian.” (QS. An-Nisaa:29)

17 Agustus 2011
Tentang perayaan Nuzulul Qur’an:
Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang melakukan suatu amalan peribadatan yang tidak ada contohnya dari kami, maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim)

18 Agustus 2011
Tentang zakat gaji:
“Jika telah cukup satu nishab dan genap setahun (haul), maka wajib dizakati. Jika kurang dari satu nisahab atau belum sampai haul, maka tidak wajib dizakati.” (Fatwa Ulama: 1360)

19 Agustus 2011
Bagi yang enggan berzakat:
“… mereka akan dicegah dari mendapatkan hujan dari langit. Sekiranya bukan karena binatang-binatang ternak, pasti mereka tidak diberi hujan.” (HR. Ibnu Majah)

20 Agustus 2011
Tentang Lailatul Qadr:
“Barangsiapa yang beribadah kepada Allah di malam lailatul qadr, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari Muslim)

21 Agustus 2011
Rasulullah bersabda tentang tanda-tanda lailatul Qadr: “Malam yang ramah, indah, tidak panas maupun dingin, dan matahari terbit dengan cahaya kemerah-merahan (tidak terik).” (HR. Ibnu Khuzaimah)

22 Agustus 2011
Doa dua malaikat yang turun di pagi hari: “Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang berinfak. Ya Allah, berilah kerusakan (kebangkrutan) kepada orang yang kikir.” (HR. Bukhari Muslim)

23 Agustus 2011
Sedekah memberi keberkahan pada harta: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang bhamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim)

24 Agustus 2011
“Kami mengeluarkan zakat (fitri) satu sha’ dari makanan, gandum, kurma, susu kering / anggur kering.” (HR. Bukhari Muslim)
— bukan dengan uang, padahal waktu itu sudah ada Dinar dan Dirham —
— Satu sha’ = 2,42 kg atau 3,5 liter —

25 Agustus 2011
(sama dengan yang dikirim tanggal 9 Agustus 2011)

26 Agustus 2011
Rasulullah bersabda: “Berpuasalah ketika melihat hilal (awal bulan) dan berbukalah (berhari raya) ketika melihatnya.” (HR. Bukhari Muslim)

27 Agustus 2011
“Zakat fitri sebagai pembersih (diri) bagi yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan perbuatan kotor, serta sebagai makanan bagi orang-orang miskin.” (HR Abu Dawud)

28 Agustus 2011
(kosong)

29 Agustus 2011
“Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orangtua dan kerabat).” (HR. Bukhari)

30 Agustus 2011 (1 Syawal 1432)
“Persatuan dapat terwujud dengan 3 perkara: Akidah yang benar, kembali ke Al-Kitab dan As-Sunnah jika berselisih, dan taat kepada Ulil Amri (ulama / umara).” (Kitab al-Ishbah)

1 September 2011
“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apapun, maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau yang semisal.” (QS. An-Nisaa:86)

2 September 2011
“Siapa yang berpuasa Ramadhan, lalu dia iringi puasanya itu dengan puasa enam hari di bulan Syawwal, niscaya puasanya laksana puasa satu tahun .” (HR. Muslim)

3 September 2011
(kosong)

4 September 2011
(kosong)

5 September 2011
Syekh Abdul Aziz bin Baz: “Puasa enam hari di bulan Syawal adalah sunnah yang shahih dari Nabi s.a.w. Boleh dikerjakan secara berurutan atau terpisah.”

6 September 2011
(kosong)

7 September 2011
“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah mengganggu tetangganya, muliakanlah tamunya, katakanlah yang baik atau diam.” (HR. Bukhari 6018, Muslim 47)

8 September 2011
(kosong)

9 September 2011
“Jika salah seorang dari kalian diundang, hendaklah dia menghadiri undangannya. Jika sedang berpuasa, doakanlah pengundangnya, dan jika tidak hendaklah dia memakan (jamuannya).” (HR. Muslim)

Oh, iya. Hampir lupa. Selain dari sms-sms di atas, ada juga sekelompok sms yang buat penuh inbox-ku, yaitu ucapan selamat Lebaran. Buat semua orang, khususnya yang sudah repot-repot mengetik sms ke HP-ku, saya ucapkan ” Minal ‘aidin wal Faizin. Taqobbalallahu minna wa minkum.”

Iklan

2 thoughts on “Inbox: Ramadhan 1432

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s