Inbox: Dzulqa’dah 1432

Postingan ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya, karena postingan yang jauh sebelumnya sudah tidak dilanjutkan lagi.

29 September 2011

“Tidaklah Syaitan akan berputus asa (menggoda) sesuatu kecuali ia mencari jalan keluar yakni lewat para wanita (sebagai senjatanya untuk menggoda).” (Ulama Tabi’in)

30 September 2011

“Wanita  (istri) terbaik adalah jika engkau lihat, ia menyenangkanmu. Jika disuruh dia menaatimu. Jika ditinggal pergi dia menjagamu dengan menjaga dirinya dan hartamu.” (H.R. Muslim)

1 Oktober 2011

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap para istrinya.” (H.R. At-Tirmidzi)

2 Oktober 2011

“Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka.” (QS. At-Taghabun: 14)

3 Oktober 2011

“Ada tiga golongan yang pasti Allah tolong: budak yang menebus dirinya dengan mencicil kepada tuannya, yang menikah karena ingin menjaga dirinya, dan dan pejuang di jalan Allah.” (H.R. At-Tirmidzi)

4 Oktober 2011

“Jika seseorang menikah maka ia telah menyempurnakan setengah agamanya. Karenanya, bertakwalah kepada Allah pada setengah yang lainnya.” (H.R. Al-Baihaqi)

5 Oktober 2011

Wanita itu dinikahi karena empat perkara: karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilihlah wanita yang paling bagus agamanya, nisacaya kamu akan beruntung. (Al-Hadits)

6 Oktober 2011

“Jika datang melamar kepadamu orang yang engkau ridho agama dan akhlaknya, maka terimalah. Jika tidak, niscaya akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang luas.” (H.R. Tirmidzi)

7  Oktober 2011

“Rasulullah: wanita janda tidak boleh dinikahkan sebelum dimintai pendapat, dan wanita gadis tidak boleh dinikahkan sebelum dimintai izin darinya.” (H.R. Bukhari Muslim)

9 Oktober 2011

Menikah itu adalah salah satu sunnah Rasulullah. Nabi bersabda: “Maka barangsiapa yang tidak menyukai sunnahku, maka ia bukan termasuk golonganku.” (H.R. Bukhari Muslim)

10 oktober 2011

Doa: “Wahai Robb kami, karuniakanlah kepada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqon: 74)

11 Oktober 2011

“Dan berbuat baiklah kepada ibu-bapak , karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga yang jauh.” (QS. An-Nisaa: 36)

12 Oktober 2011

Etika bertetangga: “Siapakah orang yang tidak beriman wahai Rasulullah?” Rasulullah bersabda: “Yaitu orang yang tetangganya tidak aman dari gangguannya.” (Muttafaqun Alaih)

13 Oktober 2011

“Aku punya dua tetangga, maka yang manakah yang berhak aku beri hadiah?” Rasulullah berkata: “Kepada orang yang pintu rumahnya lebih dekat kepadamu.” (Muttafaqun Alaih)

14 Oktober 2011

“Kalian akan rakus terhadap jabatan. Padahal jabatan itu akan menjadi penyesalan di hari kiamat, ia adalah seenak-enak penyusuan dan segetir-getir penyapihan.” (H.R. Bukhari)

20 Oktober 2011

“Manusia yang dicintai Allah; seseorang yang bertetangga, ia selalu disakiti (diganggu) oleh tetangganya, tapi dia sabar hingga keduanya dipisahkan oleh kematian.” (H.R. Ahmad)

21 Oktober 2011

Rasulullah saw bersabda: “Bukanlah seorang mukmin ynag tidur dalam keadaan kenyang sementara tetangga sebelahnya kelaparan.” (H.R. Bukhari)

21 Oktober 2011

Hidup yang baik itu:

-Ketika kita bisa mensyukuri apa yang kita peroleh

-Ketika kita bisa berbagi di kala kesempitan.

-Ketika kita bisa tersenyum di saat cobaan datang.

-Ketika kita bisa memaafkan walau sangat menyakitkan.

-Ketika kita bisa tetap peduli sementara yang lain lengah.

Hidup yang indah itu bukan di saat semua impian terwujud, tetapi keindahannya terletak pada kesungguhan dan ketulusan hati dalam menjalaninya. Kita tidak hanya melihat akhir dari suatu impian, tapi renungkanlah proses pencapaiannya karena di sanalah terletak keindahan hidup yang sebenarnya.

22 Oktober 2011

“Yang (benar-benar) berhaji sedikit, meski jamaah haji banyak. Alangkah banyak orang yang berbuat baik , tapi alangkah sedikit yang ikhlas karena Allah.” (Lathaiful Ma’arif 1/257)

23 Oktober 2011

“Haji mabrur adalah haji yang tidak dikotori oleh maksiat saat melaksanakan manasik, dan tidak lagi gemar bermaksiat setelah pulang haji.” (Tafsir Al Qurthubi, 2/408)

24 Oktober 2011

“Siapa yang berhaji ke Ka’bah lalu tidak berkata-kata seronok  dan tidak berbuat kefasikan, maka dia pulang ke negerinya seperti ketika dilahirkan oleh ibunya.” (H.R. Bukhari)

25 Oktober 2011

“Sesungguhnya Allah, malaikat-Nya, penghuni langit dan bumi, bahkan semut di dalam lubangnya dan ikan yang ada di laut mendoakan kebaikan untuk orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” (H.R. Tirmidzi)

26 Oktober 2011

Ikutilah jalan-jalan hidayah, jangan merasa takut karena sedikitnya penempuh jalan tersebut. Hati-hatilah dari jalan-jalan kesesatan, jangan terpedaya oleh banyaknya penempuh jalan tersebut. (As-Salaf)

27 Oktober 2011

“Barangsiapa yang bermaksud untuk berkurban maka dilarang baginya memotong kuku dan rambut atau bulu yang melekat di badannya sejak masuk tanggal 1 Dzulhijjah.” (H.R. Muslim)

29 Oktober 2011

“Tidak ada hari di mana suatu amal salih lebih dicintai Allah melebihi amal salih yang dilakukan sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah).” (H.R. Bukhari)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s