Inbox: Dzulhijjah 1432

Sebelumnya, selamat Tahun Baru Islam 1433 (meskipun telat satu hari sih). Saya melanjutkan postingan bulan lalu tentang sms-sms yang sayang dihapus dari hp-ku. Saya menuliskannya di sini saja, di blog ini. Postingan kali ini akan saya saling tautkan dengan postingan paling purba yang saya buat. Ya, ini semua demi segala sesuatu yang saling berkesinambungan. Biarpun ini hanya sms, ini bermakna, lho…

30 Oktober 2011

“Jika dilihat pada waktu malamnya maka 10 terakhir bulan Ramadhan lebih utama dan jika dilihat dari waktu siangnya maka 10 awal bulan Dzulhijjah lebih utama.” (Ibnul Qoyyim)

31 Oktober 2011

Keutamaan berkurban, Nabi bersabda: “Siapa yang memiliki kelapangan (kemampuan) tetapi dia tidak berkurban maka jangan mendekat ke masjid kami” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

2 November 2011

Upah potong Qurban, Nabi bersabda: “Tidak boleh memberikan kepada penjagal (tukang sembelih) upah dari daging (qurban) tersebut, tapi upah hendaknya dari selainnya.” (HR. Muslim)

3 November 2011

“Puasa Arofah dapat menghapuskan dosa setahun lalu dan setahun akan datang.” (HR. Muslim)

4 November 2011

“Barangsiapa yang menjual kulit hewan qurbannya maka ibadah qurbannya tidak ada nilainya.” (HR. Al-Hakim 2/390 dan Al-Baihaqi, Al-Albani: Hasan)

5 November 2011

“Takbiran Idul Adha dimulai dari fajar hari Arafah sampai dengan hari Tasyrik (9-13 Dzulhijjah) yang dilakukan dengan sendiri-sendiri.” (Majmu Fatwa: XXIV / 220-221)

8 November 2011

Daging Qurban untuk non-muslim: “Allah tidak melarangmu untuk berbuat baik dan berlaku adil kepada orang-orang yang tidak memerangimu karena agama dan tidak pula mengusirmu dari negerimu.” (QS. 60:8)

9 November 2011

“Amalan tanpa ikhlas dan tanpa mengikuti Rasulullah, seperti seorang musafir yang mengisi kantongnya dengan pasir, memberatkannya, tetapi tidak bermanfaat baginya.” (Ibnul Qoyyim)

10 November 2011

Urgensi niat: “Betapa banyak amalan kecil menjadi besar (pahalanya) dikarenakan niat, dan betapa banyak amalan besar menjadi amalan kecil dikarenakan niat.” (As-Salaf)

11 November 2011

“Barangsiapa yang meniatkan sesuatu kebaikan lantas tidak jadi ia amalkan, maka Allah mencatatnya sebagai 1 kebaikan di sisi-Nya secara sempurna.” (HR. Bukhari Muslim)

12 November 2011

“Rasulullah jika hendak sholat mengucapkan: ‘Allohu Akbar’, tidak ada satu lafadz / ucapan pun sebelum takbir dan tidak pula melafadzkan niat sama sekali.” (Ibnul Qoyyim)

14 November 2011

“Mayat hidup adalah orang yang mengingkari kemungkaran yang ada di hadapannya dengan tangannya, tidak pula dengan lisannya, dan tidak pula dengan hatinya.” (Hudzaifah ibn Yaman)

15 November 2011

“Sesungguhnya jika manusia melihat seseorang melakukan kezhaliman lalu mereka tidak mencegahnya, maka Allah akan meratakan azab kepada mereka semua.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi)

16 November 2011

“Hendaklah kalian mengikuti sunnah-sunnah Nabi dan janganlah kalian berbuat dalam hal-hal yang baru (dalam Agama). Sungguh kalian telah dicukupkan dalam beragama dengan Islam ini. (Ibnu Mas’ud)

17 November 2011

Rasulullah bersabda: “Apa yang aku larang terhadap kalian maka jauhilah, dan apa yang aku perintahkan kepada kalian maka kerjakanlah semampu kalian” (HR. Bukhari dan Muslim)

18 November 2011

“Sesungguhnya yang membuat binasa orang-orang sebelum kalian adalah karena mereka banyak bertanya (yang tidak perlu) dan menyelisihi Nabi-Nabinya.” (HR. Bukhari Muslim)

20 November 2011

“Jika dua orang muslim bertemu dengan pedangnya masing-masing maka pembunuh dan orang yang terbunuh sama-sama masuk neraka.” (HR. Bukhari Muslim) *karena niatnya sama

21 November 2011

“Siapa saja yang berhutang dengan niat tidak akan membayar hutang kepada pemiliknya, dia akan bertemu Allah sebagai pencuri.” (HR. Ibnu Majah)

22 November 2011

“Dan barangsiapa mengambil (berhutang harta) dengan keinginan untuk merugikannya (tidak membayar), niscaya Allah akan benar-benar membinasakannya.” (HR. Bukhari)

23 November 2011

“Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatukarena Allah niscaya Allah akan memberimu ganti dengan yang lebih baik bagimu.” (HR. Ahmad)

24 November 2011

“Jika kamu anggap dosa itu kecil maka itu sudah dianggap besar di sisi Allah. Jika kamu anggap dosa itu begitu besar maka itu akan menjadi ringan di sisi Allah.” (Fudhail ibn Iyad)

25 November 2011

“Allohumma inni as-aluka fi’lal-khoiroot wa tarkal munkaroot.”
“Ya Allah aku memohon padamu agar mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran.” (HR. Tirmidzi)

26 November 2011

“Di antara tanda-tanda hari kiamat; sedikitnya ilmu dan tersebarnya kebodohan, merebaknya perzinahan, wanita akan semakin banyak dan pria akan semakin sedikit…” (HR. Bukhari)

27 November 2011

Di antara tanda-tanda hari kiamat: “Tidak akan tegak hari kiamat sampai manusia bermegah-megah dalam (membangun) masjid.” (HR. Abu Dawud)

Iklan

20 thoughts on “Inbox: Dzulhijjah 1432

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s