Diary: Maskot

Kenapa judulnya begitu? Maksud saya, kenapa judulnya maskot? Yap, seperti postingan bertajuk diary yang lainnya, postingan ini didasarkan pada hal apa yang dipikirkan oleh pikiran tidak tentu saya hari ini. Tentang maskot.

Maskot itu bukan bekicot idiot yang punya bacot sewot untuk dicopot, apalagi knalpot, nanti bisa kena semprot. Ada yang tahu apa maksud kalimat itu? Jangan tanya saya karena saya juga tidak tahu apa artinya (saya hanya merasa ada semacam keindahan dari kalimot semacot itot). Selingan tidak penting, ya? Sudahlah.

Maskot adalah (menurut Kamus):

n 1. orang, binatang, atau benda yang diperlakukan oleh suatu kelompok sbg lambang pembawa keberuntungan atau keselamatan;

me·mas·kot·kan v menjadikan maskot: tiap provinsi – tumbuhan dan binatang yg menjadi ciri khas daerahnya

Agak telat sepertinya kalau mau membahas tentang SEA Games (maksudnya bukan ‘Permainan LAUT’, ya). SEA Games kali ini maskotnya kayaknya Komodo, ya? Bukan Kodomo? Yah, saya rasa itulah. Saya tidak mengerti ini ada hubungannya dengan ‘Seven Wonders’ atau tidak, tapi setahu saya Indonesia itu lambangnya Garuda, apakah Indonesia akan mengganti Garuda dengan Komodo? (*tidak penting). OK sebenarnya SEA Games ‘kan sudah berakhir, tapi beberapa hari yang lalu saya masih melihat spanduk SEA Games yang tulisannya kurang lebih begini:

“Ayo kita dukung Indonesia menjadi Macan di Asia”

Spanduk yang telat saya baca (sayangnya saya bahkan tidak punya kamera HP untuk menjepretnya). Kalau sekilas, apa yang terlihat salah menurut Anda? Ada yang salah tidak? Begini, seorang teman saya asal Malaysia yang kuliah di tempat saya bertanya ke saya, kenapa spanduknya tulisannya begitu? Waktu itu adalah beberapa hari setelah Malaysia menang di Final sepakbola SEA Games. Waktu saya tanyakan apa yang salah dari spanduk itu, dia bilang begini: “Bukannya Indonesia itu lambangnya burung Garuda, ya? Kalau Indonesia jadi macan, Malaysia jadi apa? Jadi burung mungkin, ya?”.

Saya tertawa, terkekeh, terpingkal, terguling-guling, terkocok-kocok, terasi, dan ter-ter-ter yang lainnya. Teman Malaysia saya itu sebelum Final Sepakbola SEA Games memang sangat antusias masalah maskot dan lambang. Dia membanggakan istilah Harimau Malaya, dan mencoba memahami burung garuda itu seperti apa. Waktu itu saya bilang: “Garuda itu juga bahasa Inggris, lho!”. Sudah, biar dia googling sendiri saja. Sekarang saya tahu kenapa Indonesia kalah dari Malaysia kali itu. Indonesia kalah karena mau jadi macan, coba dia jadi Garuda saja, pasti menang. Hehehehe…

Curhatan tidak penting dan sudah basi semacam ini kayaknya sudah tidak perlu dibahas lagi deh. Tapi, jujur, saya masih merasa hal ini lucu, bisa-bisanya teman saya itu memperhatikan spanduk sampai begitunya 😀 .

<<Previous Diary<<

>>Next Diary>>

NB: Sumber gambar langsung klik di gambarnya saja.

23 thoughts on “Diary: Maskot

  1. liat gambar macannya jadi keinget pernah melihat iklan WWF di kereta api buat dana macam sumatra di kereta api antara austria dan jerman …. kalau spanduk jarang lihat di sini tapi kalau langsung maskotnya yg ´berupa boneka binatang (dalamnya org) sering soalnya tiap klub sepakbola kayak Bayern München punya maskot sendiri sendiri

  2. Setahu saya sebenarnya Garuda bukan cuma mitos, tapi beneran ada, hanya memang Garuda yg saya maksud bentuknya tidak sesuai dengan deskripsi yg ada di mitos. Ya, Garuda adalah sebutan lain untuk Elang. Di Kamus Besar Bahasa Indonesia ada, kok….

    • Oh, begitu… 😀
      Kalau Ibonobi itu sehari-hari ya… dipanggilnya begitu, makanya maskotnya juga Nobita…
      Saya lihat komentar tidak sambil buka postingan jadi tidak perhatikan kalau ternyata komentar-komentar itu saling membalas… :mrgreen: Saya kiranya itu komentar yang tidak berhubungan :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

