Percobaan Pertama

Mobil V.0.0 : "Crossing The Brown City"

Ah, sepertinya tidak begitu bagus yang saya buat kali ini. Masa dua hari jadinya cuma begini. Mau diapakan lagi? Banyak hal yang sudah saya lupakan tentang Flash. Utamanya tentang penggunaan “dynamic text”. Hasilnya apa? Hasilnya adalah file swf yang ‘mungkin’ adalah game ini tidak mempunyai skor. Iya, tidak ada skornya. Mengerikan, masa main game tidak ada skornya. Mau diapakan lagi?

Ini saya embed file swf buatan saya selama dua hari ini. Ini adalah game tentang mobil hijau aneh yang sedang dalam perjalanan menyeberangi kota berwarna coklat yang berbatu. Kalau sudah sampai finish ya sudah. Tapi saya ragu ada yang bisa menyelesaikan game ini sampai finish.

Kekurangannya adalah yang pertama tidak ada skor karena saya sudah lupa bagaimana bermain dengan “dynamic text”. Maka, kali ini tidak ada highscore, tidak ada. Kalau ada yang bisa ajari tolong diajarkan, ya.

Kedua, permainannya tidak jelas. Tujuannya adalah menuju garis finish dengan menghindari batu-batu yang menghadang di jalanan. Tidak tanggung-tanggung, lama permainan adalah 120.000 frame, dengan kecepatan 12 frame per detik. Bayangkan saja berapa lama mainnya kalau seperti itu.

Ketiga, desain yang tadi dibahas. Salah satunya nanti kelihatan kalau game over, akan lihat mobilnya yang sebenarnya tidak apa-apa, tapi karena sudah kena batu sampai batas usahanya, maka layar langsung pindah ke layar game over. Hmm… sebenarnya saya lelah memikirkan efek ledakan mobil, jadi begini saja deh.

Keempat, bahasa Inggris saya tidak bagus, jadi mohon maaf kalau ada yang tidak dimengerti. Itu hanyalah keterbatasan saya.

Oh iya, kalau misalnya berminat main nanti, kalau tekan spasi akan keluar turbo yang turbonya bisa bertahan sampai akhir permainan kalau pemainnya sanggup. Soalnya, kalau sedang turbo dan menabrak batu, turbonya akan otomatis hilang. Jadi, kalau tidak sanggup pakai turbo, sebelum menabrak, tekan spasi lagi untuk mematikan turbonya.

Jadi, ini dia ya…

Kalau ada yang bisa bantu ajari saya flash, bilang-bilang ya… 🙂 Atau ada yang mau belajar buat game semacam ini, bilang-bilang juga… :mrgreen:

*update: karena saya merasa tidak mungkin ada yang memainkan ini lebih dari 5 menit, saya pendekkan 120.000 frame menjadi 12.000 frame saja. Terima Kasih. (15 Des 2011 – Falzart Plain)

23 thoughts on “Percobaan Pertama

  1. @Ely Meyereyer: Anyway, namanya kok makin panjang Mbak Ely? Jadi ada tambahan “eyer” lagi di belakangnya… 🙂 Menurut saya game ini penuh tantangan, bukan seru. Bayangkan 120.000 frame dengan kecepatan 12 frame per detik. Jadi, garis finishnya baru bakalan nongol kalau sudah main sekitaran 3 jam. Hmmm…
    @Abed Saragih : Sudah bagus ya Mas Abed? Makasih. Jujur saya bingung ini mau dikembangkan bagaimana. Saya perlu tambahan ilmu sepertinya… 🙂
    @Tunsa : Mas Ari coba tekan F5, mungkin gamenya tidak terload waktu buka halaman ini… 🙂 Cara mainnya pakai keyboard.
    @dedde6699 : Saya gak yakin kalau Mas bakalan suka game ini… Hehehehe…
    @Gandi R. Fauzi : Masukan dong Mas Gandi… Hehehehe… 🙂

  2. @~Amela~ : Iya, sudah jadi yang pertama di tahun ini… 🙂
    @muamdisini : saya pakai Macromedia Flash Professional 8 yang portable… Ini pakai bahasa Action Script 2.0
    @dearKUR : saya juga belum lincah pakai Photoshop, Flash tidak usah tahu pakai Photoshop kok… 🙂
    @oomguru : ini juga pakai masking dan guide seperti itu… 🙂

Tinggalkan Balasan

