Inbox: dari Safar sampai Rabiul Awal

Jadi, ceritanya kemarin rasanya saya lihat kalender hijriyah itu masih tanggal 1 Rabiul Akhir 1433, ternyata sekarang sudah tanggal 6 Rabiul Akhir. Awalnya saya pikir ini adalah sebuah event yang bagus untuk mendokumentasikan sms inbox saya ke dalam sebuah posting. Ya, sebenarnya saya buatnya sudah dari dulu, tapi tempat yang dulu itu sudah terlalu padat untuk ditulisi. Terus, sebenarnya saya juga mau buat bulan lalu untuk lanjutan posting yang ini, tapi apa daya, hapeku rusak sekitar bulan lalu itu. Mau diapakan lagi, kan? Jadi ini adalah inbox sms yang tersisa selama itu.

26 Desember 2011
“Barangsiapa menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim)

4 Januari 2012
“Sesungguhnya kehidupan ini hanyalah kesenangan (yang bersifat sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.” (QS.Al-Mukmin:39)

31 Januari 2012
“Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang.” (HR.Bukhari)

1 Februari 2012
“Doa seseorang akan senantiasa dikabulkan selama dia tidak terburu-buru mengucapkan: ‘Saya telah berdoa kepada Tuhanku, tapi Tuhan tidak mengabulkan doa saya.'” (HR.Bukhari Muslim)

3 Februari 2012
“Barangsiapa diperlakukan baik (oleh orang lain), hendaklah dia membalasnya. Jika dia tidak dapat membalasnya, hendaklah dia memujinya, dengan itu dia telah berterima kasih kepadanya.” (HR.Bukhari)

4 Februari 2012
“Tidak bersyukur kepada Allah orang yang tidak berterima kasih kepada manusia.” (HR.Bukhari / Al-Adab Al-Mufrad)

6 Februari 2012
“Seseungguhnya seburuk-buruknya kedudukan manusia di sisi Allah pada hari kiamat adalah orang yang ditinggalkan oleh manusia karena takut akan kekejiannya.” (HR.Bukhari)

7 Februari 2012
Nabi: “Setiap kalian akan masuk surga kecuali yang enggan. Siapa yang taat kepadaku akan masuk surga, dan siapa yang bermaksiat kepadaku itulah yang enggan.” (HR.Bukhari)

8 Februari 2012
“Apa yang datang dari Rasul kepada kalian maka terimalah ia, dan apa yang dilarang bagimu maka tinggalkanlah, dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya.” (QS 59:7)

9 Februari 2012
“Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka dia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR.Ahmad)

9 Februari 2012
“Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar semut kecil. SOmbong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR.Muslim)

10 Februari 2012
“Malu itu sebagian dari iman dan iman itu di dalam surga, sedangkan kekejian itu watak kasar dan watak kasar itu di dalam neraka.” (HR.Ahmad)

11 Februari 2012
“Janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, pengelihatan, dan hati, semuanya akan dimintai pertanggungjawabannya.” (QS.Al-Isra:36)

12 Februari 2012
Ibnul Qoyyim: “Doa itu adalah sebab terkuat bagi seseorang agar bisa selamat dari sesuatu yang tidak dia sukai dan sebab utama meraih hal yang diinginkan.”

14 Februari 2012
“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS.Al-Isra:32)

15 Februari 2012
“Jika dirimu tidak tersibukkan dengan hal-hal yang baik/haq, pasti akan tersibukkan dengan hal-hal yang sia-sia/batil.” (Ibnul Qoyyim)

16 Februari 2012
“Seseorang dapat terpengaruh oleh agama kawan karibnya. Karena itu, hendaklah salah seorang di antara kalian memperhatikan dengan siapakah dia bergaul.” (HR.Tirmidzi)

17 Februari 2012
Pesan Nabi: “Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.” (HR.Malik)

18 Februari 2012
Al-Fudhail: “Apabila suatu amalan dilakukan dengan ikhlas tapi tidak sesuai dengan ajaran Nabi maka amalan tersebut tidak akan diterima (begitu pula sebaliknya).”

20 Februari 2012
Hasan Al-Bashri: “Islam adalah dirimu di saat sendiri atau di hadapan banyak orang tetap sama (baiknya). Serahkan hatimu pada Allah.” (Al-Bidayah 9/270)

21 Februari 2012
“Tidaklah akan bermanfaat perkataan, perbuatan, dan niat seorang hamba kecuali yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah.” (Ibnu Mas’ud)

23 Februari 2012
“Janganlah seorang wanita menceritakan tentang wanita lain kepada suaminya sehingga seakan-akan suaminya melihat (langsung) wanita yang diceritakannya.” (HR.Bukhari Muslim)

24 Februari 2012
Ali ibn Abi Tholib: “Tidaklah musibah tersebut turun malainkan karena dosa. Oleh karena itu, tidaklah bisa musibah tersebut hilang melainkan dengan taubat.”

25 Februari 2012
Satu dari tujuh golongan yang selamat: “Laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita berkedudukan dan cantik, lalu dia berkata: ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah.'” (HR.Bukhari Muslim)

27 Februari 2012
Luqman Al-Hakim kepada anaknya: “Wahai anakku, sesungguhnya manusia itu terbagi atas tiga bagian, sepertiga untuk Allah, sepertiga untuk dirinya, dan sepertiga lagi untuk ulat, (yakni Ruh-Amal-Jasad)”

Sudah dulu, ya… Postingan ini sudah terlambat sepekan dari yang seharusnya. 😛

Iklan

9 thoughts on “Inbox: dari Safar sampai Rabiul Awal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s