Diary: 80 dan 20

NB: Tidak terlalu penting.

Saya sedikit menyadari sesuatu tentang penguasaan diri di waktu tidak tidurku akhir-akhir ini. Delapan puluh persen adalah tidak sadar dan hanya duapuluh persen yang sadar. Itu pun saya merasa dalam duapuluh persen itu terdapat campur tangan orang lain.

Delapan puluh persen waktu tidak tidur itu, tidak sadar, atau bawah sadar, atau apalah namanya. Delapan puluh persen hal yang saya lakukan di waktu tidak tidur ternyata hal yang di luar kesadaran, atau dengan kata lain bisa disebut sebagai kebiasaan. Dan ternyata dalam delapan puluh persen itu lebih banyak hal yang tidak baik dibandingkan dengan hal yang baik.

Duapuluh persen waktu tidak tidurku itu, sadar. Duapuluh persen hal yang saya lakukan berada dalam kehendak saya. Sementara kehendak saya tidak hanya dipengaruhi oleh dorongan internal, tetapi juga oleh kehendak oranglain. Dan belum lagi pengaruh delapan puluh persen yang tadi, yang terus melakukan ekspansi kepada duapuluh persen ini.

Huh… Saat ini saya tidak dalam kondisi tertekan. Pada kondisi tertekan, saya biasanya mampu mengekspansi yang duapuluh persen, dan menekan yang delapan puluh persen itu. Tapi tidak pernah sampai seratus persen. Kondisi saya saat ini justru parah karena yang delapan puluh persen seperti hendak mengekspansi yang duapuluh persen. Otomatis, saya harus bangun kesadaran lebih untuk memperkuat yang duapuluh persen.

Kemudian, kalau dalam duapuluh persen waktu tidak tidur itu ternyata kehendak dan kesadaranku secara internal masih dicampuri oleh kehendak orang lain, maka dimanakah saya ini? Sebenarnya siapa yang punya kuasa atas tubuh ini?

–Hasil merenungi diri sendiri–

8 thoughts on “Diary: 80 dan 20

  1. 😐

    80 % tidak sadar <—- pingsan waktu sadar ya hahaha
    20 % sadar <— selebihnya dari 20 % bukan kehendak ya /(^^")

    nb :
    kuasailah dirimu atau dirimu yang akan menguasaimu <— pahami ( karena saya juga belum paham )

    d(^o^")

    Falzart Plain:
    Yang delapan puluh persen itu bukan pingsan, tapi badan serasa gerak sendiri… 😀

Tinggalkan Balasan

