Experimental: Si Rambut Hijau

Saya sama sekali nggak tahu Photoshop. Lagian apa menariknya? πŸ˜† Saya nggak terlalu suka ngedit foto, yang saya suka itu menggambar. Hanya saja kadang bingung mau menggambar bagaimana. Sejak jaman dahulu kala, satu-satunya software yang saya gunakan menggambar adalah Paint. Hehehe… Sejauh ini berkembang menjadi menggunakan Flash 8, aplikasi pembuat animasi kelauaran 2005. Nah, sekarang saya akan pamer πŸ˜† hasil gambaran saya dengan Photoshop atas bimbingan tutorial dari pencukurbumi.

Secara sederhana, ada beberapa langkah dalam membuat gambar seperti ini. Ini dia yang bisa diikuti kalau ada yang mau bikin juga:

  1. Tutorial 1
  2. Tutorial 2
  3. Tutorial 3
  4. Tutorial 4
  5. Tutorial khusus untuk mata
  6. Tutorial 5
  7. Tutorial 6

Kalau ada yang kebingungan dengan tutorial itu, artinya kita sama. :lol:… Ini adalah kesan-kesan saya setelah mempelajari tutorial itu.

Tutorial 1 isinya tentangΒ Imagine. Bagi saya tidak ada yang susah soal ini. Eh, ada ding. Bagian yang susah adalah mengimajinasikan bayangan. Lihat saja, hasil bayangannya, gelap terangnya, kacau kan?

Tutorial 2 isinya tentang sketch. Sial! Saya nggak punya scanner ataupun kamera. Jadi ya, saya gunakan kemampuan alami saya saja: menggambar langsung di komputer pakai mouse.

Tutorial 3 isinya tentang inking. Saya kebingungan. Suer! Dua jam saya berkutat dengan ini. Saya bingung karena saya tidak tahu membedakan path dengan garis yang sudah jadi. Lagipula saya sama sekali nggak tahu bagaimana pakai Pen Tool. Tahu apa akibatnya? Saya mengulangi sketch sampai 3 kali.

Tutorial 4 isinya adalah tentang flat. Hanya karena saya tidak bisa membedakan layer di Photoshop saya sampai kalang kabut di tahap ini. Ketika saya sampai proses ini, saya jadi berpikir, kayaknya main Flash 8 lebih enak. πŸ˜†

Tutorial Khusus Mata. Bagus, tapi saya pakai yang punya saya sendiri. Saya kebingungan di tahap ini karena nggak tahu yang mana efek glow di Photoshop.

Tutorial 5 isinya tentang detailing. Sudah kukatakan di awal, mengimajinasikan bayangan itu susah sekali untuk saya. Ssiiaaal! OK. Saya akui kalau saya tidak berhasil di langkah ini.

Tutorial 6 isinya tentang adjustment. Sama dengan tutorial 5. Untuk sampai ke tahap ini, saya hanya membuat sebuah latar sederhana yang saya gabungkan dengan gambar utamanya. Saya nggak ngerti sepenuhnya sih tentang tahapan ini. πŸ˜†

Hmmm… OK, saya rasa itu. Sedikit tambahan, ya. Ingat pertama kali saya buat Chibi Chara? Chibi Falzart sekarang memang sudah berubah modelnya sejak sebuah insiden.Β Postingan pertama Chibi Chara itu sebenarnya dibuat untuk ikutan Give Away yang saya lihat di blognya John Terro. GA itu diadakan oleh Persona Intikalia dan Pencukur Bumi Nah, saya tuh hanya ikut-ikutan buat-buat beginian :lol:.

Hmmm… Agak pecah, ya? Soalnya ukurannya saya kecilkan sih. Tulisan ini saya masukkan ke Falzart Galleria.

#SPECIAL THANKSΒ to: Pencukur Bumi. πŸ˜€

Iklan

15 thoughts on “Experimental: Si Rambut Hijau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s