Experimental: Si Rambut Hijau

Saya sama sekali nggak tahu Photoshop. Lagian apa menariknya?😆 Saya nggak terlalu suka ngedit foto, yang saya suka itu menggambar. Hanya saja kadang bingung mau menggambar bagaimana. Sejak jaman dahulu kala, satu-satunya software yang saya gunakan menggambar adalah Paint. Hehehe… Sejauh ini berkembang menjadi menggunakan Flash 8, aplikasi pembuat animasi kelauaran 2005. Nah, sekarang saya akan pamer😆 hasil gambaran saya dengan Photoshop atas bimbingan tutorial dari pencukurbumi.

Secara sederhana, ada beberapa langkah dalam membuat gambar seperti ini. Ini dia yang bisa diikuti kalau ada yang mau bikin juga:

  1. Tutorial 1
  2. Tutorial 2
  3. Tutorial 3
  4. Tutorial 4
  5. Tutorial khusus untuk mata
  6. Tutorial 5
  7. Tutorial 6

Kalau ada yang kebingungan dengan tutorial itu, artinya kita sama. :lol:… Ini adalah kesan-kesan saya setelah mempelajari tutorial itu.

Tutorial 1 isinya tentang Imagine. Bagi saya tidak ada yang susah soal ini. Eh, ada ding. Bagian yang susah adalah mengimajinasikan bayangan. Lihat saja, hasil bayangannya, gelap terangnya, kacau kan?

Tutorial 2 isinya tentang sketch. Sial! Saya nggak punya scanner ataupun kamera. Jadi ya, saya gunakan kemampuan alami saya saja: menggambar langsung di komputer pakai mouse.

Tutorial 3 isinya tentang inking. Saya kebingungan. Suer! Dua jam saya berkutat dengan ini. Saya bingung karena saya tidak tahu membedakan path dengan garis yang sudah jadi. Lagipula saya sama sekali nggak tahu bagaimana pakai Pen Tool. Tahu apa akibatnya? Saya mengulangi sketch sampai 3 kali.

Tutorial 4 isinya adalah tentang flat. Hanya karena saya tidak bisa membedakan layer di Photoshop saya sampai kalang kabut di tahap ini. Ketika saya sampai proses ini, saya jadi berpikir, kayaknya main Flash 8 lebih enak.😆

Tutorial Khusus Mata. Bagus, tapi saya pakai yang punya saya sendiri. Saya kebingungan di tahap ini karena nggak tahu yang mana efek glow di Photoshop.

Tutorial 5 isinya tentang detailing. Sudah kukatakan di awal, mengimajinasikan bayangan itu susah sekali untuk saya. Ssiiaaal! OK. Saya akui kalau saya tidak berhasil di langkah ini.

Tutorial 6 isinya tentang adjustment. Sama dengan tutorial 5. Untuk sampai ke tahap ini, saya hanya membuat sebuah latar sederhana yang saya gabungkan dengan gambar utamanya. Saya nggak ngerti sepenuhnya sih tentang tahapan ini.😆

Hmmm… OK, saya rasa itu. Sedikit tambahan, ya. Ingat pertama kali saya buat Chibi Chara? Chibi Falzart sekarang memang sudah berubah modelnya sejak sebuah insiden. Postingan pertama Chibi Chara itu sebenarnya dibuat untuk ikutan Give Away yang saya lihat di blognya John Terro. GA itu diadakan oleh Persona Intikalia dan Pencukur Bumi Nah, saya tuh hanya ikut-ikutan buat-buat beginian😆.

Hmmm… Agak pecah, ya? Soalnya ukurannya saya kecilkan sih. Tulisan ini saya masukkan ke Falzart Galleria.

#SPECIAL THANKS to: Pencukur Bumi.😀

15 thoughts on “Experimental: Si Rambut Hijau

  1. ardiansyah pango darwis Minggu, 15 April 2012 @ 1:34 PM pukul 1:34 PM Reply

    ganteng banget sob

    Falzart Plain:
    Yang ganteng siapa hayo?😆

  2. molen Minggu, 15 April 2012 @ 4:03 PM pukul 4:03 PM Reply

    wah bisa minta tolong gambarkan kartunku ga ? nice…

    Falzart Plain:
    Bisa.😀
    Tapi nggak tahu kapan selesainya…

  3. puchsukahujan Minggu, 15 April 2012 @ 5:20 PM pukul 5:20 PM Reply

    heran, saya gak bisa liat gambarnya sama sekali
    *korban koneksi down*

    Falzart Plain:
    COba lagi. Anda belum beruntung…😀

  4. nurul fadilah (@nufadilah) Minggu, 15 April 2012 @ 5:41 PM pukul 5:41 PM Reply

    si rambut ijo cool banget gayanya..

    btw itu yang rambut coklat di pojok kanan bawah juga bikin sendiri? keren

    Falzart Plain:
    Yang di ujung kanan bawah itu namanya Chibi Falzart.😀

  5. septiadiah Minggu, 15 April 2012 @ 6:17 PM pukul 6:17 PM Reply

    matanya khas Falzart deh🙂

    Falzart Plain:
    Iyakah?😀 Nggak ding… Saya belajar buat mata begitu sudah lamaaaa banget. Dan itu awalnya niru. Jadi nggak khas saya…😆

  6. Danni Moring Minggu, 15 April 2012 @ 6:59 PM pukul 6:59 PM Reply

    keren zart…. sy suka lihat gambar…tapi ga bisa gambar dan tak berbakat gambar🙂

    Falzart Plain:
    *ngambil kertas dan pensil*

  7. elfarizi Minggu, 15 April 2012 @ 7:03 PM pukul 7:03 PM Reply

    keren pengen bisa euy …

    Falzart Plain:
    Pasti bisa!😀

  8. penuliscemen Senin, 16 April 2012 @ 2:45 AM pukul 2:45 AM Reply

    saya tertarik pengen nyoba. Kalau saya biasanya ngegambar pake corel🙂

    Falzart Plain:
    Saya nggak tahu pakai corel… photoshop juga sih sebenarnya…😆

  9. oomguru Senin, 16 April 2012 @ 3:19 AM pukul 3:19 AM Reply

    waahh.. kalo saya justru udah lupa sama yang namanya nyotoshop ini bray..
    udah lama ga dipake.
    hwehehehe..

    Falzart Plain:
    Jadi? bagaimana kalau…

  10. ~Amela~ Senin, 16 April 2012 @ 11:47 AM pukul 11:47 AM Reply

    aduh.. kalau saya mah ga bisa gambar.. kayaknya emang bukan bidang saya..
    eh zart,. suka deh chibi charamu yangt menyapa di pojokan itu

    Falzart Plain:
    Itu niru kok…

  11. Anak Muda Senin, 16 April 2012 @ 1:38 PM pukul 1:38 PM Reply

    keren…
    jdi pgn belajar..

    Falzart Plain:
    Belajar yuk…😀

  12. Marczumi Rumambay Selasa, 17 April 2012 @ 2:25 AM pukul 2:25 AM Reply

    yg ni mata’a dah ktutupan rmbut tp ko msh kliatan y bro? hehe😀

    Falzart Plain:
    Itu disengaja, Bro… Saya pengen lihat bagaimana hasilnya…😀

  13. Dewa Putu A.M. Selasa, 17 April 2012 @ 2:29 AM pukul 2:29 AM Reply

    ini gmbrnya pke mause….???

    ajiiiib…

    Falzart Plain:
    Tepatnya touchpad.😀

  14. Eko Wardoyo Selasa, 17 April 2012 @ 2:56 PM pukul 2:56 PM Reply

    kerennnn ii toch si hijau😐

    Falzart Plain:
    Bukan… Ini bukan si hijau…:mrgreen:

  15. misstitisari Selasa, 17 April 2012 @ 4:25 PM pukul 4:25 PM Reply

    Fallll kapan bikinin chibi buat aku??? #nodonguntukkesekiankali

    Falzart Plain:
    Mau yang kayak gimana? #nanyabalikuntukkesekiankali

Tinggalkan Balasan

