Diary: Menghadapkan Hati

Sebetulnya ini adalah pikiran lanjutan saya dari posting yang kemarin. Kalau kemarin membahas tentang sesuatu yang singkat saja, saya hari ini berpikir tentang menghadapkan hati. Tidak berhubungan? OK, anggap saja berhubungan karena posting singkat saja membahas tentang sesuatu yang harusnya dilakukan singkat saja, tetapi kebanyakan orang terlena. Sementara itu, posting ini tentang menghadapkan hati ketika melakukan sesuatu.

Menghadapkan hati. Saya tidak begitu mengerti definisinya. Saya serahkan sepenuhnya perihal definisi ini kepada pembaca. Ya, hanya saja saya punya pendapat tersendiri tentang menghadapkan hati. Ketika melakukan sesuatu dibutuhkan yang namanya konsentrasi. Ketika konsentrasi terpusat pada sesuatu yang kita lakukan sehingga kita menjadi betul-betul menjiwai apa yang dilakukan tersebut, itu yang kusebut menghadapkan hati. Kuncinya adalah pada niat.

Ya, kadangkala saya merasa tubuh saya sedang berada di kursi, tapi hati, jiwa, dan pikiran saya ada di dunia maya. Ini kebiasaan anak muda jaman sekarang meski saya tidak lagi muda. Begitu pun jika berada di suatu tempat ketika melakukan sesuatu, seringkali pikiran kita melanglangbuana ke tempat lain. Sebenarnya yang paling parah adalah jika hal itu terjadi ketika tengah beribadah. Tapi, lupakan. Saya hanya berpikir bahwa belakangan ini saya kurang dalam hal menghadapkan hati kepada apa yang tengah saya lakukan sebenarnya, ibarat orang jatuh cinta. Pikiran buyar. Hmmm… kalau sampai di sini tidak mengerti tidak apa-apa. Saya hanya menuliskan yang saya pikirkan selama seharian.

Pernah tidak konsentrasi juga? Bagaimana caramu menghadapkan hati pada yang tengah dirimu lakukan?

15 thoughts on “Diary: Menghadapkan Hati

  1. elfarizi Sabtu, 21 April 2012 @ 1:50 PM pukul 1:50 PM Reply

    PERTAMAX DIAMANKAN!!!
    Niaaat … niaaat …
    Kalau diperhatikan dari semua tulisan Pak Falzart nih, seringkali dirimu merasa tua ya, padahal masih muda. Kebanyakan orang udah tahu, tapi berasa muda๐Ÿ˜› *analisis ngaco*

    Falzart Plain:
    Itu menyinggung SARU. Maaf ya… Komentar ini saya anggap SPAM. Huahahahahaha…. (Ketawa setan)

    • elfarizi Sabtu, 21 April 2012 @ 1:51 PM pukul 1:51 PM Reply

      ralat : … orang udah tua, tapi berasa muda๐Ÿ˜€

      Falzart Plain:
      Jadi kamu tua apa muda, Bang?๐Ÿ˜†

      • ardiansyah pango darwis Sabtu, 21 April 2012 @ 3:08 PM pukul 3:08 PM

        hehehe.
        bahkan saya selalu ingin negetahui dan berfikir sedang apa orang-orang yang saya cintai di sana ya๐Ÿ™‚

        Falzart Plain:
        Melanglangbuana nih pikirannya… Semoga 4 tahun terbayar ya, Bang…๐Ÿ˜€

      • Eko Wardoyo Sabtu, 21 April 2012 @ 5:12 PM pukul 5:12 PM

        itu saya hahahaha

        Falzart Plain:
        Wih, ada yang merasa…๐Ÿ˜†

      • Eko Wardoyo Minggu, 22 April 2012 @ 6:59 AM pukul 6:59 AM

        iya dunk lol (#liatliatkaca)

        Falzart Plain:
        *kacanyapecah*๐Ÿ˜†

      • elfarizi Minggu, 22 April 2012 @ 8:45 AM pukul 8:45 AM

        Muda donk!
        Umur itu pasti, tapi tua muda itu pilihan๐Ÿ˜›

        Falzart Plain:
        Jadi kamu?

      • Eko Wardoyo Minggu, 22 April 2012 @ 1:38 PM pukul 1:38 PM

        jiwa saya muda๐Ÿ˜€

        Falzart Plain:
        ๐Ÿ˜€

      • elfarizi Minggu, 22 April 2012 @ 3:24 PM pukul 3:24 PM

        MUDA!

        Falzart Plain:
        Cieee… yang MUDA… Hehehehe…

      • elfarizi Minggu, 22 April 2012 @ 9:45 PM pukul 9:45 PM

        Cieee yang (berasa) TUA๐Ÿ˜›

        Falzart Plain:
        ๐Ÿ™‚ Saya memang sudah terlalu tua…๐Ÿ™‚

    • Danni Moring Sabtu, 21 April 2012 @ 11:51 PM pukul 11:51 PM Reply

      ada apa dengan angka?๐Ÿ˜€

      Falzart Plain:
      dirimulah yang tahu jawabannya…๐Ÿ˜€

  2. Eko Wardoyo Sabtu, 21 April 2012 @ 5:13 PM pukul 5:13 PM Reply

    menghadapkan hati dalam melakukan sesuatu – memang benar benar dan benar banget tapi meninggalkan hl lain untuk fokus juga membuat hal yang mengganjal bang falzart๐Ÿ˜€

    Falzart Plain:
    ๐Ÿ™‚ senang ada yang sepakat…

  3. dearKUR Sabtu, 21 April 2012 @ 5:25 PM pukul 5:25 PM Reply

    saya rasa intinya adalah kejujuran mas Fazl๐Ÿ™‚
    kalau sudah jujur, tentang apa saja yang kita lakukan, pasti hati menghadap

    Falzart Plain:
    Yap…๐Ÿ˜€

  4. Marczumi Rumambay Sabtu, 21 April 2012 @ 7:33 PM pukul 7:33 PM Reply

    gagal PERTAMAX, tapi ttp nongkrong di pekiwan. lol
    inti’a sih niat aja kaya’a sob, kalo dah niat mh pst jalan tuh sgla mcm hal jg.:mrgreen:

    Falzart Plain:
    Yap…๐Ÿ˜€

  5. Danni Moring Sabtu, 21 April 2012 @ 11:52 PM pukul 11:52 PM Reply

    wah konsentrasi ya… lagi bermasalah juga nih ama konsentrasi๐Ÿ˜€

    Falzart Plain:
    Toss dulu dong… *eh?

  6. ~Amela~ Senin, 23 April 2012 @ 8:40 AM pukul 8:40 AM Reply

    ah iya zart., saya juga sering begitu sekarang..
    kalau lagi ngelakuin sesuatu seringnya malah mikirin hal2 lain

    Falzart Plain:
    kok bisa sama ya?๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

