Diary: Tidak Bisa Mencontohkan

Sepertinya saya mulai terbiasa dengan posting yang singkat meskipun tidak super singkat. Jadi, biarkan saja posting ini saya jadikan posting singkat saya yang kesekian. Hmm… mulai ya. Hari ini saya berpikir tentang mengubah sesuatu (lagi). Jangan tanya kenapa saya selalu ingin mengubah, itu bawaan saya. Kadang mengubah yang buruk jadi baik, atau sebaliknya.

Perihal mengubah orang, yang paling mudah adalah dengan memberikan contoh. Eh, maksudnya yang paling efektif. Metode ini justru biasanya adalah metode yang paling susah karena si pengubah belum berubah sebagaimana dia ingin mengubah orang lain. Kan tidak keren ketika sambil main game kita bilang ke orang: “Belajar sana!” Atau seorang mahasiswa terlambat marah-marah ke juniornya bilang: “Kamu harus rajin kuliah, bla bla bla bla…” Sudahlah. Ini seperti menjatuhkan diriku sendiri saja.

Intinya sebelum mengubah orang lain, ubahlah diri kita sendiri dahulu. Ya, karena bahasa contoh adalah bahasa yang paling efektif dalam mengajarkan sesuatu. Tahu apa yang paling sulit diubah? Kebiasaan diri sendiri. Mulailah dari diri sendiri.

Ya, sepertinya saya masih belum bisa memberikan contoh buat diriku sendiri. Ada yang bisa bantu saya?

10 thoughts on “Diary: Tidak Bisa Mencontohkan

  1. fauzanmm Minggu, 22 April 2012 @ 3:01 PM pukul 3:01 PM Reply

    sama, saya juga belum bisa memberikan contoh buat diriku sendiri, jadi maap belum bisa membantu,๐Ÿ˜€

    Falzart Plain:
    ๐Ÿ˜€

  2. elfarizi Minggu, 22 April 2012 @ 3:20 PM pukul 3:20 PM Reply

    Maka, contohlah saya๐Ÿ˜›

    Falzart Plain:
    It’s not helping…

  3. Danni Moring Minggu, 22 April 2012 @ 3:59 PM pukul 3:59 PM Reply

    kalau gitu…mmhh…apa yah :D…langsung action ke diri๐Ÿ˜€

    Falzart Plain:
    ๐Ÿ˜€ Ayo!

  4. Marczumi Rumambay Minggu, 22 April 2012 @ 4:37 PM pukul 4:37 PM Reply

    jngn trllu bnyk brpikir sob, rnungkn prbaiki dn stlah tu rnungkn lg p kkurngn kita. klo trllu bnyk mikirn gmna cra brubh’a tp g coba tuk brubh y dstu2 j…:mrgreen:

    Falzart Plain:
    thanks๐Ÿ™‚

  5. puchsukahujan Minggu, 22 April 2012 @ 8:33 PM pukul 8:33 PM Reply

    perbaiki diri, keluarga, masyarakat…. ini kedengarannya seperti maratibul amal #eh๐Ÿ˜€

    Falzart Plain:
    kayaknya memang itu yang saya sedang pikirkan…๐Ÿ™‚

  6. Eko Wardoyo Minggu, 22 April 2012 @ 9:56 PM pukul 9:56 PM Reply

    mulai hari ini saya mau mengubah diri sendiri #iniserius๐Ÿ˜€

    Falzart Plain:
    ๐Ÿ™‚ Semangat!๐Ÿ™‚

  7. Ida Ratna Isaura Senin, 23 April 2012 @ 2:23 AM pukul 2:23 AM Reply

    apa kabar kak? long time no see๐Ÿ˜€ hehe

    kalo aku sih cenderung engga suka ngerubah orang lain sekarang,
    kapok, hehehe. . . . #dulu sering gagal soalnya๐Ÿ˜€ wkwkwk. . . payah๐Ÿ˜€
    walaupun diri sendiri uda brubah ngasi contoh, tapi blm tentu orang lain mau n setuju.
    hehehehe

    Falzart Plain:
    Kamu yang apa kabar Ichan? Saya sih begini-begini aja…๐Ÿ™‚
    pokoknya kasih contoh saja, dan tunjukkan kalau itu baik…๐Ÿ™‚

  8. Lailatul Qadr Senin, 23 April 2012 @ 11:05 PM pukul 11:05 PM Reply

    jadi ingat sebuah catatan di buku yang saya buat resume nya kemarin…

    Falzart Plain:
    Benarkah? Lihat dong resumenya…๐Ÿ˜€

  9. Mas Rudi Selasa, 24 April 2012 @ 3:47 AM pukul 3:47 AM Reply

    Keren tulisan ente!! jadi serasa tersungging nih ane ckakakz๐Ÿ˜€

    Falzart Plain:
    Hah? Kok bisa?๐Ÿ˜†

  10. Yusuf Abdac Rabu, 25 April 2012 @ 12:03 PM pukul 12:03 PM Reply

    Cara fal membela diri saat terlambat kuliah.๐Ÿ™‚

    Falzart Plain:
    Huh…๐Ÿ˜†

Tinggalkan Balasan

