Desain Favorit Saya

Posting ini sebetulnya hanya sekedar pendapat saya saja. Mungkin sesat, mungkin mencerahkan. Baiklah, kali ini saya akan membahas tentang desain favorit saya, dalam hal ini desain untuk halaman web, terkhusus untuk blog.

Latar
Untuk latar belakang blog, semakin polos gambar yang digunakan, semakin bagus. Kalau mau gunakan yang bercorak, usahakan jangan menggunakan warna yang mentereng karena akan menyilaukan mata saat dibuka. Terus, kalau misalnya latar belakang yang digunakan itu terdiri dari dua warna, jangan gunakan dua warna yang terlalu kontras karena itu bisa mengaburkan sesuatu yang sebenarnya ingin kita tampilkan, yaitu tulisan.

Tulisan
Warna tulisan di blog, bagusnya menggunakan warna yang kontras dari latarnya. Misalnya kalau latarnya hitam, tulisannya putih, dan sebaliknya. Untuk font-nya, gunakan yang mudah dibaca, tidak usah terlalu rumit atau terlalu unik, yang penting bisa dimengerti karena pada hakikatnya yang ingin ditampilkan sebenarnya adalah tulisan.

Header
Bagian header bagi saya adalah bagian yang paling menunjukkan isi blog secara tidak langsung. Kesesuaian antara tulisan yang dibahas di blog dan gambar headernya akan membantu pembaca untuk mengetahui blog apakah ini. Ya, ini mungkin akan sangat membantu kalau blog itu hanya membahas sesuatu yang sangat khusus. Kalau blog saya, desain headernya abstrak, sesuai isinya juga abstrak. 😆

Widget
Bagian widget adalah bagian ‘penghibur’ yang membantu pembaca untuk mengetahui sesuatu. Biasanya ada yang berguna untuk navigasi ataupun notifikasi. Sejujurnya saya suka desain widget yang simpel, bagian yang penting menurut saya adalah: bagian subscribe supaya pembaca mudah mengikuti tulisan kita, dan bagian navigasi berupa menu. Adapun bagian notifikasi dan komentar terakhir hanyalah bagian yang menunjukkan bahwa blog ini ‘hidup’ dan ‘punya kehidupan’.

Mungkin sekedar ini saja yang saya bagikan. Sekedar masukan, ini hanya pendapat pribadi saya saja. Tulisan ini diikutsertakan dalam:

24 thoughts on “Desain Favorit Saya

  1. kalau mengikuti tips-tips di atas,sepertinya blog saya tidak terlalu jauh menyimpang ( menurut saya ), tapi ada satu yang mungkin harus saya benahi yaitu masalah header. Mohon saran header yang tepat untuk blog saya, Mas.

    Falzart Plain:
    Hmmm… blog yang mana, Mas? Saya nggak ahli sih. Kalau saya pasti bakalan kasih masukan yang baik di mata saya sendiri. 🙂

  2. terima kasih untuk tipsnya. Mohon saran header yang tepat untuk blog saya yang seperti apa ya? Mohon pula bantuannya, jika berkenan. Terima kasih.

    Falzart Plain:
    Blog yang mana? Blognya Mas kan ada beberapa. 🙂 Tapi kalau yang http://www.abisabila.com headernya sudah cukup bagus menurut saya (karena saya suka yang simple), tapi kurang berasa. Kenapa ya? Kayaknya karena ada sesuatu yang terlalu besar di antara Header dengan tulisannya. Ada situs yang headernya simple sekali tapi saya suka di http://www.drugs.com/ … Ada lagi… hmmm… apa ya? Kayaknya kurang semacam logo di headernya… 🙂

    • haha…saya pernah berpikir demikian (sorry mas eko)
      dulu saya sempet mbatin, ini blog punya cowok kok backgroundnya pink 😆

      tentang tulisan Falzart, hmmm….karena saya gak mudeng soal beginian, biasanya cuma mengikuti template yang disediakan WP saja, tak banyak mengutak-atik

      Falzart Plain:
      Emangnya ada di antara kita yang hobi ngutak-ngatik? Siapa? Ngaku dong… *minta diajarin*

  3. Kalau header, sekarang ini saya suka yang kecil dan minimal masbro. Mungkin bagi sebagian orang terlihat tidak menarik karena terlalu “plain”, tapi blog yang penting kan tulisan/artikelnya. Hmm…jadi punya ide untuk membuat theme tanpa header 🙂

    Falzart Plain:
    Dulunya blog ini pure plain lho! Soalnya saya suka yang simple…

  4. sukses ya falzart kontes nya… :)..mengingatkan saya pada matkul “interaksi manusia dan komputer” kalau tidak salah (udah lama 😀 )… membuat suatu kenyamanan si user. dari segi warna, tulisan, tata letak, dll 🙂 #sokTahuGW 😀

    Falzart Plain:
    Pasti ini bukan sok tahu. Terima kasih masukannya… 🙂

  5. kalau blogku gmn Falz ? *malah nanya* 🙂

    btw, apa kbr ?

    Falzart Plain:
    Blognya Mbak Ely… SANGAT BAGUS!!!!
    MBAK ELYYY…. Kemana AJA?? KANGEEEN!
    Eh, belum begitu aktif lagi bloggingnya ya Mbak? Saya baik-baik aja. Masih sama seperti dulu… 🙂

    • wadew.. bisa besar kepalaku :mrgreen: .. anyway thanks ya Falz, blog ku mah msh abal abalan, org yg punya msh gaptek 😛
      aku lagi sibuk merawat mamaku Falz, beliau msh belum sehat bener
      sementara belum, waktunya msh fokus ke mama, tapi sdh mulai ngeblog kok, walau blom teratur dan blom bisa bw ke semua, atau balas komen

      Falzart Plain:
      Oh, begitu ya… 🙂
      Ya udah, cuti ngeblognya sekalian ditambahin aja buat rawat mamanya Mbak. Nanti kalau udah sehat bener mamanya kan bisa ngeblog lagi… 🙂

  6. tentang desain blog jangan kebanyakan masang widget biar aksesnya gak berat buat yang punya koneksi lelet

    thanks udah berpartisipasi di mini kontes blog saya
    ditunggu aja pengumumannya ya!
    🙂

    Falzart Plain:
    Iya, saya lupa tambahin itu… 🙂
    OK… saya akan nunggu pengumuman.

  7. numpang nanya donk…
    kalo desain rumah saya di dumay [blog], ancur2’an kagak?

    #hehe, sepertinya memang ancur2’an tuh..
    😦

    Falzart Plain:
    Hahaha… Nggak kok. Menurutku kelihatannya rapi. 🙂

  8. “kelihatannya” ya, berarti yg aslinya ancur juga, haha… 😦
    jadi tersandung nih, eh tersanjung.

    #hapasih, perasaan gak lucu deh, typo kan bisa langsung dihapus.
    biarin, wew 😛

    Falzart Plain:
    typo tuh dibuat biar kelihatan lucu. 😆

Tinggalkan Balasan

