2020 usai

Sudah lama sekali sejak terakhir kali saya login. Apa kabar? Semua sudah bahagia sekarang kan? Tidak perlu ada yang dirisaukan lagi. Kehidupan berjalan seperti yang seharusnya. Saya menjalani residensi anestesiologi dengan cukup baik, mendapatkan istirahat yang cukup, dan sejauh ini tidak begitu banyak tertinggal masalah tugas. Perkiraan saya lulus 3-4 tahun lagi. Lamaya? Istri dan anak sedang tidak bersama saya sekarang, mereka akan kembali dalam waktu dekat, tapi siapa yang tahu rencana selanjutnya? Adik besar lulus CPNS, sekarang saya tidak punya teman bermain kalau sedang ada di rumah. Adik kecil sebentar lagi sidang proposal. Semuanya berjalan seperti seharusnya. Bagaimana dengan kalian?

Setelah sekian lama tidak login, tampilan untuk edit teks pada wordpress ini berubah. Saya kebingungan. Kegiatan saya sehari-hari sementara ini adalah membius. Selebihnya saya belajar untuk persiapan ujian board bulan Maret. Ujian board memang cepat, semester kacung begini sudah harus ujian. Kalaupun misalnya saya ditakdirkan untuk tidak lulus ya masih ada kesempatan untuk belajar lagi. Kalau lulus, alhamdulillah beban berkurang satu lagi. Wish me luck!

Tahun 2020 adalah tahun yang menarik, membolak-balikkan keadaan. Kehidupanku yang kubayangkan tidak ada tidur dan jarang pulang ternyata menjadi tidak seburuk itu. COVID-19 menjadikan segala sesuatu yang terlalu capek itu dilarang, sesuatu yang terlalu akrab itu dilarang, dan berdiam diri di rumah ketika tidak ada keharusan keluar rumah itu dianjurkan. Berdampak pada kehidupan residensiku yang seharusnya melelahkan menjadi menyenangkan. Atau mungkin saya hanya sekedar suka saja suasana ketika saya bekerja sendirian. Selain itu, tidak bisa saya pungkiri bahwa COVID-19 ini merenggut banyak nyawa dengan cara yang misterius. Saya menyaksikannya setiap hari, di ICU COVID-19, tapi ya sudahlah.

Sepertinya saya kehabisan bahan untuk dibahas. Saya tidak akan membahas masa lalu, karena pada dasarnya semuanya sudah bahagia. Ini sudah seperti after-credit dari filem-filem berdurasi panjang dan bersambung-sambung. Kadang, saya berharap masih ada alter-ending tapi ini kehidupan nyata, bukan filem. Dengan demikian, sampai jumpa tahun depan! Semoga COVID-19 lekas berlalu.

2 respons untuk ‘2020 usai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s